Monday 25 March 2013

Tuntunan sosial

Pernyataan Rasulullah SAW bahwa khianat adalah dosa besar.

Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata ,
     Pada suatu hari Rasulullah SAW berdiri ( berkhutbah) ditengah-tengah kami dan memaparkan masalah khianat (ghulul). Dalam khutbah itu Rasulullah SAW menganggap bahwa pengkianatan adalah dosa besar dan beliau tampak amat serius dalam menyikapi masalah ini. Pada saat itu , Rasulullah SAW bersabda, " aku tidak akan mengasihani salah seorang diantara kalian yang datang di hari kiamat nanti dan ternyata diatas lehernya telah bertengger seekor unta yang terus berteriak-teriak keras, lalu orang itu meratap padaku, wahai Rasulullah , tolong aku!'
     Maka aku menjawab , aku tidak punya wewenang dari Allah sama sekali untuk menolongmu, karena aku sudah menyampaikan (ajaran Allah) kepadamu.'
     Aku tidak akan mengasihani salah seorang diantara kalian yang datang di Hari kiamat dan ternyata diatas lehernya telah bertengger seekor kuda yang terus berteriak-teriak keras, lalu orang itu meratap padaku, 'Wahai Rasulullah , tolong aku!'
     Maka aku menjawab ,' Aku tidak punya wewenang sama sekali untuk menolongmu, karena aku sudah menyampaikan (ajaran Allah) kepadamu.'
     Aku tidak akan mengasihani salah seorang diantara kalian yang datang di Hari kiamat dan ternyata diatas lehernya telah bertengger seekor kambing yang terus berteriak-teriak keras, lalu orang itu meratap padaku, 'Wahai Rasulullah , tolong aku!'
      Maka aku menjawab ,' Aku tidak punya wewenang sama sekali untuk menolongmu, karena aku sudah menyampaikan (ajaran Allah) kepadamu.'
      Aku tidak akan mengasihani salah seorang diantara kalian yang datang di Hari kiamat dan ternyata diatas lehernya telah bertengger sesosok makhluk yang bersuara keras sekali, lalu orang itu meratap padaku, 'Wahai Rasulullah , tolong aku!'
      Maka aku menjawab ,' Aku tidak punya wewenang sama sekali untuk menolongmu, karena aku sudah menyampaikan (ajaran Allah) kepadamu.'
      Aku tidak akan mengasihani salah seorang diantara kalian yang datang di Hari kiamat dan ternyata dilehernya ada tumpukkan pakaian/kain yang terus bergerak dengan suara keras dan kemudian  orang itu meratap padaku, 'Wahai Rasulullah , tolong aku!'
      Maka aku menjawab ,' Aku tidak punya wewenang sama sekali untuk menolongmu, karena aku sudah menyampaikan (ajaran Allah) kepadamu.'
      Aku tidak akan mengasihani salah seorang diantara kalian yang datang di Hari kiamat dan ternyata dilehernya ada tumpukkan (tumpukkan) emas atau perak   sehingga    orang itu meratap padaku, 'Wahai Rasulullah , tolong aku!'
      Maka aku menjawab ,' Aku tidak punya wewenang sama sekali untuk menolongmu, karena aku sudah menyampaikan (ajaran Allah) kepadamu.'
     Dalam riwayat lain disebutkan Rasulullah SAW bersabda ," Wahai umatku , barang siapa diberi kepercayaan atas kalian untuk menjalankan suatu tugas lalu ia menggelapkan sebatang jarum atau sesuatu yang lebih besar dari itu maka berarti kelak di hari kiamat ia akan dibelenggu."

(HR. Muslim dan Abu Daud).


Referensi:
" Khutbah Nabi" oleh Muhammad Khalil khatib (Qisthipress).

No comments:

Post a Comment