Wednesday 20 March 2013

Sejarah

Berbagai macam peristiwa yang melibatkan tokoh penting:

1. Bung karno mencarikan isteri untuk Bung Hatta , dan Bung Hatta selalu mengingatkan Bung karno jika ingin menikah lagi. walaupun beliau berdua selalu berbeda dalam metode perjuangan jaman pergerakan kemerdekaan.
2. Ketika Guntur Soekarnoputera (Putera pertama Bung karno) hendak menikah di bandung dan Bung karno tidak bisa menghadiri karena situasi politik saat itu (1970), Bung Hatta menjadi wali atas permintaan Bung karno walaupun antara Bung karno dan Bung Hatta terdapat pertikain politik.
3. Setelah Bung karno wafat, Bung Hatta selalu mendudukan permasalahan pada tempatnya. contoh : di jaman orde baru , disebutkan bahwa penemu Pancasila adalah muhammad yamin dan supomo, tetapi dengan gigih Bung Hatta mengakui dan menjelaskan bahwa Bung Karno adalah satu-satunya penggali Pancasila dengan Pidatonya pada tanggal 1 juni 1945 .

4. Dalam Perang salib yang terjadi pada abad ke 11 , hubungan antara Pemimpin muslim Sultan Shalahudin al-Ayyubi dan pemimpin pasukan salib Raja Richard selalu ditempatkan pada tempatnya. Beliau berdua selalu menghargai sisi-sisi kemanusiaan . sehingga pada jaman keduanya perang salib dapat dihentikan  dengan beberapa kesepakatan perdamaian.

 5. Jenderal Douglas MacArthur berhasil memimpin pasukan Amerika serikat di wilayah Pasifik barat daya dalam perang dunia ke II. Keberhasilannya di medan pertempuran juga dibuktikan dalam memimpin penyerahan tentara Jepang di teluk Tokyo. dalam acara penyerahan tersebut , martabat kaisar Hiro hito tetap terjaga dengan baik. merangkul yang kalah merupakan kewajiban bagi pemenang.

 6. Peristiwa turunnya Presiden Soeharto setelah kerusuhan 1998 telah diupayakan oleh beberapa tokoh Reformasi dalam koridor "Husn-u'l Khatimah" yaitu berakhir baik dan terhormat. 

"Jangan sekali-kali melupakan sejarah, perdamaian lebih indah daripada peperangan"

Referensi : 
1. "Pertentangan Sukarno vs Hatta" oleh Wawan tunggul Alam SH.(Gm).
2. "Atlas Perang salib" oleh Sami bin Abdullah Al-Maghluts.(almahira).
3. "Mac Arthur sang penakluk" oleh William Manchester.(sh).
4. "Hari-hari Terpanjang, menjelang mundurnya Presiden Soeharto. oleh james Luhulima. (Kompas).  

No comments:

Post a Comment